Langsung ke konten utama

Buah kelengkeng, manfaat dan efek sampingnya bagi kesehatan

 Siapa yang tidak kenal dengan kelengkeng, tanaman yang buahnya terasa manis biarpun ukurannya kecil. Kelengkeng biasanya berbuah 2 kali setahun bahkan kalo telaten memberi pupuk dan zat tambahan bisa 3x per-tahun.

Pohon kelengkeng bisa ditanam dalam pot dan berbuah tapi tentu saja hasilnya tidak maksimal jika dibandingkan ditanam di tanah langsung.

Biasanya tanaman kelengkeng berbuah pada bulan Februari sampai April lalu panen kedua Agustus sampai Oktober.

Berikut beberapa koleksi foto buah tersebut.





Itu masih banyak yang jadi bunga, belum menjadi buah. Ada beberapa yang jadi buah tapi masih hijau, kalo matang berwarna coklat. Biasanya butuh 2 bulan sampai siap panen. Satu pohon biasanya menghasilkan 10kg sampai 15 kg.

Biasanya ada pedagang yang menawar tapi tak pernah dijual, untuk dimakan sendiri satu keluarga.

Buah kelengkeng sendiri memiliki banyak manfaat, beberapa diantaranya adalah:

Sumber energi

Buah kelengkeng mengandung sejumlah vitamin B yang berperan dalam proses metabolisme tubuh. Vitamin B kompleks seperti B1, B2, B3, dan B6 membantu mengubah makanan menjadi energi yang dapat digunakan oleh tubuh. Sehingga, buah ini tidak hanya lezat, tetapi juga memberikan dorongan energi yang mendalam

 Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan vitamin C dalam buah ini berperan sebagai penangkal radikal bebas, membantu mengurangi kekakuan pada pembuluh darah arteri. Dengan begitu, buah kelengkeng menjadi sekutu kita dalam menjaga kesehatan jantung dan mencegah berbagai penyakit kardiovaskular yang dapat mengancam.

Baik untuk kesehatan Kulit

Mau tampil cantik alami? Buah kelengkeng punya jawabannya! Kandungan vitamin dan antioksidan dalam kelengkeng dapat membuat kulitmu tetap sehat dan bersinar. Tidak perlu produk kecantikan mahal, cukup tambahkan buah kelengkeng dalam pola makanmu untuk mendapatkan kulit yang glowy secara alami.

Buah Kelengkeng Baik untuk Tulang

Mengonsumsi buah kelengkeng juga sangat baik bagi kesehatan tulang, sebab buah ini kaya akan  kandungan mineral seperti kalsium, zat besi, dan fosfor. Penelitian juga menjelaskan bahwa asupan fosfor dapat meningkatkan kekuatan serta kepadatan tulang secara signifikan.

Buah Kelengkeng Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Anda yang mengeluhkan mengenai kelebihan berat badan juga dapat memperoleh manfaat bila dengan rutin mengonsumsi buah kelengkeng. Sebab, buah ini mempunyai kandungan kalori yang rendah, sehingga cukup efektif dalam membantu menurunkan berat badan.

Nutrisi yang ada di dalam buah kelengkeng rendah kalori serta dapat menekan nafsu makan, sehingga anda dapat mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak tanpa perlu takut akan kalorinya. Selain itu, kandungan bakteri probiotik yang ada pada ekstrak buah kelengkeng juga mampu mengurangi kenaikan berat badan dengan menyeluruh.

Walaupun memiliki banyak manfaat tapi harap diperhatikan kalo buah yang rasanya manis ini juga memiliki efek samping yaitu:

Kadar gula naik

Karena rasanya manis maka buah ini bisa meningkatkan kadar gula. Ini cukup berbahaya apalagi kalo anda mengindap penyakit diabetes.

Setiap ons atau 100 gram kelengkeng segar mengandung sekitar 20,7 gram karbohidrat. Angka tersebut berpotensi meningkatkan kadar gula darah pada orang yang rentan, seperti penderita diabetes.

Gangguan pencernaan

Seseorang yang memiliki gangguan lambung dianjurkan untuk mengkonsumsi buah kelengkeng sedikit saja agar asam lambungnya tidak meningkat secara mendadak dan mengiritasi dinding lambung serta menekan jaringan organ usus. 

Jika hal ini terjadi maka Gangguan pencernaan tidak dapat dihindari karena efek panas pada kelengkeng dapat memicu sakit perut serta diare.

Bahaya bagi ibu hamil

Ibu hamil tidak disarankan memakan buah kelengkeng sebab tanaman ini dikhawatirkan mengandung pestisida.

Tanaman kelengkeng kadang diganggu hama seperti serangga sehingga para petani menyemprotkan cairan pestisida untuk menghalau hama tersebut. Cairan ini bisa masuk dan meresap kedalam buahnya.

Mengkonsumsi buah kelengkeng yang telah tercemar pestisida dan radikal bebas termasuk bakteri maka dapat mengiritasi organ janin secara bertahap dan mempersulit perkembangan tubuhnya. Janin akan mengalami bobot dan ukuran tuibuh yang kecil/kurus karena kelainan organ tubuh misalnya hati, Jantung, paru atau limpa ketika dilahirkan.



Komentar

  1. Saya suka buah kelengkeng, tapi ya itu gak makan banyak"..secukupnya aja..sadar diri mbak...buat kesehatan juga 😀

    BalasHapus
  2. Buah kelengkeng nya banyak amat, sepertinya satu pohon ngga habis dimakan dalam sebulan ya.

    BalasHapus
  3. Buah kelengkeng - Buah Longan/Mata Kucing.
    Saya suka buah ni, kupas simpan sekejap dalam peti sejuk, kemudian makan.. sedap.

    BalasHapus
  4. buah kelengkemg ternyata banyak manfaatnya, bisa mengurangi berat badan, cccok buat diet :D

    BalasHapus
  5. Mantap, buahnya banyak sekali. Caranya biar buahnya banyak gimana sih, apa pakai pupuk khusus?

    BalasHapus
  6. kelengkeng, buah yang juga lagi ngetren di kampung saya, hampir setiap rumah-rumah wargya ditanami kelengkeng, ibarat seperti tanaman favorit di kampung, mungkin karena mudah perawatannya dan tentunya rasa buahnya yang enak ya, hehe

    BalasHapus
  7. Wah rupanya bermanfaat bagi kesehatan jantung ya...
    Saya ini sekarang tiap hari harus minum obat, sebagai pereda gejala sakit jantung. Bagus juga ya rutin mengkonsumsi buah kelengkeng ini.

    Salam,

    BalasHapus
  8. Pengalaman pertamaku mengenal buah ini msh duduk di bangku SD saat diberi sm kakak. Awalnya aku bingung, ini buah apa kok bijinya cakep bgt... kyk kelereng gitu, hehe...
    Pas dicicipin eh rasanya bikin nagih .. 😂 minta lagi dan lagi

    BalasHapus
  9. Tp ada yg bilang jgn terlalu byk mkn buah kelengkeng... emang knp ya kalo terlalu byk?

    BalasHapus
  10. Kalau jumlahnya banyak, salah satu keunggulannya jadi bertambah, yaitu bisa membuat pemiliknya tambah kaya..

    BalasHapus
  11. Banyak juga manfaatnya, bagus untuk kesehatan asal makannya jangan berlebihan ya.👍

    BalasHapus
  12. Buah kesukaan saya banget
    wah saya justru baru tahu akan bahayanya
    kalau manfaatnya saya tahu betul

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buah asam jawa dan manfaatnya bagi kesehatan

 Tanaman asam Jawa atau memiliki nama latinnya Tamarindus indica L. Ini memiliki banyak kegunaan bagi kesehatan maupun lainnya. Asam Jawa sendiri merupakan pohon yang cukup gampang ditanam. Untuk bibit nya bisa secara cangkok maupun dari biji karena asam Jawa memang memiliki banyak biji. Tapi untuk hasil terbaik sebaiknya cangkok saja karena lebih cepat. Sama seperti  Pohon Wuni , tanaman asam Jawa ini juga bisa tumbuh puluhan meter dan usianya bisa panjang. Di daerah ku ada pohon ini yang usianya sudah 80 tahun , sudah tua sekali tapi masih produktif pohonnya. Ini pohon asam Jawa yang usianya sekitar 8 tahun. Dulu beli di tukang tanaman keliling harganya 30 ribu. Sudah mulai berbuah sejak usia 3 tahunan. Buahnya hampir sepanjang tahun dan biasanya suka diambil untuk bahan sayur asem. Yang aku suka dari asam Jawa itu kalo matang. Rasanya manis asem seperti permen gulas. Itu lho, permen yang sudah ada sejak zaman presiden Soeharto. Duh ketahuan usianya. Untuk pohon asam Jawa yang usiany

Pohon petai sedang berbuah

 Petai adalah tanaman tahunan yang banyak tumbuh di Indonesia khususnya bagian barat seperti pulau Jawa dan Sumatera. Pohon pete bisa tumbuh setinggi sampai 20 meter. Tanaman petai dikembangkan melalui biji yang disemai maupun lewat sistem cangkok. Pencangkokan adalah favorit karena lebih cepat tumbuh. Jika membeli petai dengan cangkok dan tanahnya subur maka dalam tiga sampai empat tahun sudah bisa berbuah. Bibit Pete biasanya harganya 50 ribu per pohon, kalo ingin murah bisa beli di toko online, harganya bervariasi dari 20 ribu sampai 50 ribu, makin mahal maka makin tinggi tanaman nya. Dalam setahun tanaman petai bisa berbuah dua kali, biasanya bulan Maret-April dan November - Desember. Pohon pete biasanya dimanfaatkan bijinya untuk menjadi campuran olahan makanan. Ada juga yang memakan baik secara mentah maupun direbus dahulu.  Itu adalah beberapa foto dari pohon pete milik tetangga ku. Manfaat tanaman petai bagi kesehatan  Mengontrol kadar gula  Petai merupakan salah satu makanan y