Langsung ke konten utama

Pohon pace atau mengkudu

 Pohon pace atau mengkudu adalah tanaman yang banyak tumbuh subur di Indonesia yang beriklim tropis. Jus atau sari buahnya telah lama diakui sebagai obat herbal yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

Tumbuhan dengan nama latinnya Marinda Citrifolia ini banyak tumbuh di dataran rendah sampai dataran tinggi dengan ketinggian 1500 m.

Tinggi pohon mulai 3 meter sampai 8 meter. Buahnya berwarna putih dan biasanya tumbuh subur di alam liar. 

Berikut ini beberapa foto dari pohon pace yang ada di desa ku. Yang unik tidak ada satupun yang menanam, semuanya tumbuh sendiri dari alam bahkan kadang berkembang biak dengan pesat. Kemungkinan buahnya dimakan burung lalu bijinya dibuang oleh burung tersebut.






Salah satu penyebab buahnya tumbuh subur adalah karena tidak ada yang memetik. Siapa juga yang mau, rasanya pahit sekali seperti jamu.

Tapi memang buah mengkudu ini seperti jamu dan banyak manfaatnya lho.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu manfaat buah mengkudu yang juga tidak kalah penting adalah memperkuat daya tahan tubuh. Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, tubuh bisa lebih kuat melawan bakteri dan virus penyebab penyakit, sehingga Anda pun tidak mudah sakit.

Mencegah dan memperbaiki kerusakan sel tubuh

Buah dengan rasa pahit ini diketahui dapat mengurangi kadar radikal bebas dan memperbaiki kerusakan sel-sel tubuh akibat paparan asap rokok, polusi, racun, radiasi, atau sinar matahari berlebih.

Namun, untuk memaksimalkan manfaat buah pace ini, Anda juga perlu menjalani gaya hidup sehat, yaitu dengan tidak merokok, mengurangi stres, berolahraga secara rutin, dan mencukupi waktu istirahat.

Meredakan nyeri sendi

Mengkudu memiliki sifat anti nyeri dan antiinflamasi, sehingga dapat membantu mengatasi rasa sakit di persendian. Hal ini terbukti dalam penelitian pada 2018 di jurnal Foods.

Para peneliti mencatat bahwa uji klinis pada manusia telah menunjukkan potensi manfaat jus mengkudu untuk persendian. Termasuk mengurangi rasa sakit dan meningkatkan jangkauan gerak.

Mencegah kerusakan jaringan akibat merokok

Sebuah penelitian pada 2013 via jurnal Food Science and Nutrition mengatakan, bahwa berbagai kandungan dalamnya mengurangi kerusakan oksidatif pada perokok tembakau aktif. 

Asap tembakau mengandung berbagai bahan kimia yang memicu kerusakan pada tubuh. Dengan asupan antioksidan yang terdapat dalam buah pace menunjukkan adanya penurunan kerusakan oksidatif sebanyak 46-57 persen.

Meskipun begitu, manfaat ini bukan berarti kamu bisa terus menerus merokok. Sebaiknya hindari terlalu banyak merokok agar terhindar dari berbagai penyakit.

Manfaat mengkudu lainnya adalah dapat mendukung kesehatan jantung. 

Buah pace dapat menurunkan lemak darah dan kolesterol, serta mengurangi peradangan, yang dapat menjadi faktor risiko penyakit jantung.

Penelitian pada 2012 di The Scientific World Journal pun mencatat bahwa pada perokok berat, jus mengkudu mengurangi faktor risiko penyakit jantung. Seperti kadar kolesterol low-density lipoprotein (LDL) dan kadar kolesterol total, serta mengurangi penanda peradangan yang disebut protein C-reaktif.

Pada bukan perokok, jus buah ini juga dipercaya dapat membantu penurunan tekanan darah dan detak jantung. Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

Sumber: Halodoc, foto berasal dari dokumentasi pribadi.

Komentar

  1. Dulu waktu kecil di tempat ku banyak pohon mengkudu dan pinang tumbuh liar dengan sendirinya tapi jaman skrg sudah langka semenjak ada tiang listrik wkwk..

    Btw dulu aku juga sering makan pil pace_cup tapi skrg udh ngga.

    Mengkudu ini buahnya bau pesing kan? 🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kang, buahnya bau Pesing makanya banyak yang ga suka, mana pahit lagi.

      Hapus
  2. Baru kmrn aku liat di daerahku juga pohon ini dnegan buah yang berjatuhan tapi nggak ada yang ngambil gitu buah2nya.kalau nggak salah malah bisa buat menghilangkan tikus2 ya buahnya? pengen ngambil sebenarnya kmrn tuh,tapi takut karena blm izin pemilik haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga untuk menghalau tikus yang masuk rumah, asal tahan baunya.

      Hapus
  3. Disini buah Pace banyak dipinggir jalan dan memang tidak ada yang memetik buahnya sampai jatuh. Nanti tumbuh pohon baru lagi dari bijinya.😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, akhirnya jadi banyak biarpun tidak ada yang tanam.

      Hapus
  4. Banyak juga ya manfaat buah mengkudu, apalagi buat yang suka merokok.

    BalasHapus
  5. Iya tetangga sebelah rumah juga ada pohon mengkudu..pernah di kasih jus mengkudu..rasanya paiiit...sama bau langu apa gitu yaa...

    BalasHapus
  6. Ternyata mengkudu byk manfaatnya ya... knp buah yg bermanfaat itu kadang rasanya gak enak 😁

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buah kelengkeng, manfaat dan efek sampingnya bagi kesehatan

 Siapa yang tidak kenal dengan kelengkeng, tanaman yang buahnya terasa manis biarpun ukurannya kecil. Kelengkeng biasanya berbuah 2 kali setahun bahkan kalo telaten memberi pupuk dan zat tambahan bisa 3x per-tahun. Pohon kelengkeng bisa ditanam dalam pot dan berbuah tapi tentu saja hasilnya tidak maksimal jika dibandingkan ditanam di tanah langsung. Biasanya tanaman kelengkeng berbuah pada bulan Februari sampai April lalu panen kedua Agustus sampai Oktober. Berikut beberapa koleksi foto buah tersebut. Itu masih banyak yang jadi bunga, belum menjadi buah. Ada beberapa yang jadi buah tapi masih hijau, kalo matang berwarna coklat. Biasanya butuh 2 bulan sampai siap panen. Satu pohon biasanya menghasilkan 10kg sampai 15 kg. Biasanya ada pedagang yang menawar tapi tak pernah dijual, untuk dimakan sendiri satu keluarga. Buah kelengkeng sendiri memiliki banyak manfaat, beberapa diantaranya adalah: Sumber energi Buah kelengkeng mengandung sejumlah vitamin B yang berperan dalam proses metabolis

Buah asam jawa dan manfaatnya bagi kesehatan

 Tanaman asam Jawa atau memiliki nama latinnya Tamarindus indica L. Ini memiliki banyak kegunaan bagi kesehatan maupun lainnya. Asam Jawa sendiri merupakan pohon yang cukup gampang ditanam. Untuk bibit nya bisa secara cangkok maupun dari biji karena asam Jawa memang memiliki banyak biji. Tapi untuk hasil terbaik sebaiknya cangkok saja karena lebih cepat. Sama seperti  Pohon Wuni , tanaman asam Jawa ini juga bisa tumbuh puluhan meter dan usianya bisa panjang. Di daerah ku ada pohon ini yang usianya sudah 80 tahun , sudah tua sekali tapi masih produktif pohonnya. Ini pohon asam Jawa yang usianya sekitar 8 tahun. Dulu beli di tukang tanaman keliling harganya 30 ribu. Sudah mulai berbuah sejak usia 3 tahunan. Buahnya hampir sepanjang tahun dan biasanya suka diambil untuk bahan sayur asem. Yang aku suka dari asam Jawa itu kalo matang. Rasanya manis asem seperti permen gulas. Itu lho, permen yang sudah ada sejak zaman presiden Soeharto. Duh ketahuan usianya. Untuk pohon asam Jawa yang usiany

Pohon petai sedang berbuah

 Petai adalah tanaman tahunan yang banyak tumbuh di Indonesia khususnya bagian barat seperti pulau Jawa dan Sumatera. Pohon pete bisa tumbuh setinggi sampai 20 meter. Tanaman petai dikembangkan melalui biji yang disemai maupun lewat sistem cangkok. Pencangkokan adalah favorit karena lebih cepat tumbuh. Jika membeli petai dengan cangkok dan tanahnya subur maka dalam tiga sampai empat tahun sudah bisa berbuah. Bibit Pete biasanya harganya 50 ribu per pohon, kalo ingin murah bisa beli di toko online, harganya bervariasi dari 20 ribu sampai 50 ribu, makin mahal maka makin tinggi tanaman nya. Dalam setahun tanaman petai bisa berbuah dua kali, biasanya bulan Maret-April dan November - Desember. Pohon pete biasanya dimanfaatkan bijinya untuk menjadi campuran olahan makanan. Ada juga yang memakan baik secara mentah maupun direbus dahulu.  Itu adalah beberapa foto dari pohon pete milik tetangga ku. Manfaat tanaman petai bagi kesehatan  Mengontrol kadar gula  Petai merupakan salah satu makanan y